FILOSOFI PERMAINAN TRADISIONAL KARACI DAN INTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI
Keywords:
Model Pembelajaran, Permainan Tradisional, dan Karaci.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Karaci berbasis permainan tradisional. Metode penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Instrumen penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar validasi ahli model dan lembar validasi ahli perangkat pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi faktual pembelajaran ekonomi belum memiliki kreativitas dalam menciptakan inovasi-inovasi baru khususnya inovasi pengembangan model berbasis lokal untuk mengurangi tingkat kebosanan dan kebosanan siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, keberadaan siswa yang sering ribut dapat mengganggu proses kegiatan belajar mengajar. Filosofi yang terkandung dalam permainan tradisional Karaci meliputi nilai-nilai religius, disiplin, sportif, kerja keras, ketangkasan/ketepatan, percaya diri, hiburan, toleransi, tanggung jawab, kompetisi dan penghargaan sesuai dengan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa. Sementara itu, hasil pengembangan validasi model setelah dilakukan evaluasi kualitatif menunjukkan kategori layak. kemudian validasi ahli perangkat pendukung menunjukkan kelayakan model setelah divalidasi oleh ahli model dengan kategori layak. Skor rata-rata yang diperoleh adalah 3,56 dan nilai kelayakan model di atas nilai kelayakan produk minimal 3,4 < 3,56 < 4,2. Sehingga hasil validasi ahli model dan ahli perangkat pendukung model pembelajaran ekonomi berbasis permainan tradisional Karaci layak digunakan sebagai model pembelajaran.