Author Guidelines
PANDUAN PENULIS
Naskah tidak boleh diterbitkan sebelumnya atau sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain dalam bentuk apa pun.
- Beberapa pengiriman simultan dari penulis yang sama tidak akan diterima.
- Redaktur Jurnal SENTRAL berhak untuk membuat perubahan editorial dalam setiap naskah yang diterima untuk diterbitkan untuk meningkatkan kejelasan atau gaya. Penulis akan dikonsultasikan jika perubahannya substansial.
- Naskah yang dikirimkan akan disaring untuk kemungkinan karya/plagiarisme yang tidak orisinal. Dengan mengajukan ke Jurnal Sentral, penulis setuju untuk menjalani program pemeriksaan orisinalitas (perangkat lunak) yang diatur oleh jurnal.
- Artikel-artikel yang ditulis untuk Jurnal SENTRAL meliputi gagasan atas karya inovatif di bidang pendidikan ekonomi, sosial dan humaniora serta berlaku umum untuk dunia akademik di bidang pendidikan ekonomi, sosial dan humaniora Indonesia. Kontribusi dan bidang yang dikaji dalam jurnal ini adalah-bidang yang bersinggungan dengan pendidikan, ilmu keguruan dan ilmu pendidikan, ekonomi, manajemen, akuntansi, hukum, bahasa dan sastra, budaya, sosiologi, antropologi, politik, dan pariwisata, serta kewirausahaan. Naskah diketik dengan huruf Arial ukuran sesuai template, spasi 1,5 dan diketik pada kertas A4 sepanjang 15 sd 20 halaman. Naskah (file) dalam format Microsoft Word dikirimkan melalui website jurnal https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/SENTRAL/submissions dengan melakukan registrasi terlebih dahulu.
- Nama penulis utama artikel dan rekan penulis dicantumkan tanpa gelar akademik dan ditempatkan di bawah judul artikel. Penulis harus mencantumkan institusi asal dan alamat email di bawah bagian nama penulis.
- Artikel dapat ditulis dalam bahasa Inggris dengan format esai dengan judul di setiap bagian artikel. Judul artikel dan subjudul artikel ditulis dengan huruf kapital. Peringkat judul bagian dikapitalisasi di awal setiap kata. Judul bagian dan peringkat judul bagian semuanya tanpa angka/angka, dicetak tebal, dan tepi kiri rata.
- Artikel Perspektif diharapkan memuat hal-hal sebagai berikut:
(a) Judul (maks 12 kata);
(b) Nama penulis (tanpa gelar akademik);
(c) abstrak bahasa Indonesia (dalam satu paragraf, maks. 250 kata) dan kata kunci (3-5);
(d) abstrak bahasa Inggris (dalam satu paragraf, maks. 250 kata) dan kata kunci (3-5);
(e) Pendahuluan yang memuat latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup teks (tanpa subjudul);
(f) Diskusi (dapat dibagi menjadi beberapa sub-bagian);
(g) Kesimpulan berisi kesimpulan dan saran (tanpa subpos); dan
(h) Pengakuan
(i) Referensi (hanya berisi sumber yang dirujuk).
Artikel Penelitian diharapkan memuat hal-hal sebagai berikut:
- Judul (maksimal 14 kata);
- Nama penulis (tanpa gelar akademik);
- Abstrak bahasa Indonesia (dalam satu paragraf, maks. 250 kata) dan kata kunci (3-5 kata);
- abstrak bahasa Inggris (dalam satu paragraf, maks. 250 kata) dan kata kunci (3-5 kata);
- Pendahuluan berisi latar belakang, tinjauan singkat, dan tujuan penelitian (tanpa subpos);
- Metode;
- Hasil dan pembahasan yang berisi bagian hasil (ada subjudul) dan bagian pembahasan (ada subjudul);
- Kesimpulan berisi kesimpulan dan saran (tanpa subjudul);
- Pengakuan (jika ada) dan
- Referensi (hanya berisi sumber referensi).
Tabel dan gambar diberi nomor dan judul.
Sumber yang dirujuk adalah sebanyak mungkin perpustakaan 10 tahun terakhir.
Penulis diminta untuk menggunakan Mendeley atau pengelola perangkat lunak apa pun. Rujukan yang diutamakan adalah sumber utama laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis dan disertasi) atau artikel penelitian di jurnal atau majalah ilmiah.
Rujukan dan kutipan menggunakan teknik rujukan terbatas (nama, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung harus disertai keterangan nomor halaman asal kutipan, misalnya (Bisnu, 2010)
Daftar referensi disusun seperti contoh berikut dan diurutkan menurut abjad dan kronologis dengan menggunakan gaya APA edisi ke-7.
Contoh penulisan daftar rujukan:
Artikel jurnal
Penulis, AA, & Penulis, BB (Tahun). Judul artikel. Nama Berkala, volume(terbitan), #–#. https://doi.org/xxxx
Contoh:
Benninga, J.S., Berkowitz Marvin W., Kuehn Phyllis., Smith Karen. (2003). The relationship of character education implementation and academic achievement in elementary school [Versi electronik]. Journal of research in character education I (1) 2003, pp.19-32.
Buku
, AA, & Penulis, BB (Tahun Hak Cipta). Judul buku (edisi ke-7). Penerbit. DOI atau
Contoh URL
Akhmad Muhaimin Azzet. 2011. Pendidikan Yang Membebaskan. Yogyakarta: Ar.Ruzz Media.
Dadang Supardan. (2009). Pengantar ilmu sosial: sebuah kajian pendekatan struktural. Jakarta: Bumi Aksara.
Ellis, A. K. (1997). Teaching and learning elementary social studies. United States: A Vivacom Company.