STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS DIGITAL
Keywords:
Pengembangan, UMKM, Digital, Abon MujairAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah berbasis digital di Dusun Leweng. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Lokasi penelitian adalah Dusun Leweng, Desa Mamak. Subyek penelitian adalah produsen, kepala desa, dan konsumen. Obyek penelitian ini adalah strategi pengembangan usaha kecil menengah di Dusun Leweng berbasis digital. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan abon mujair terlihat pada proses pemasarannya. Promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut, dalam lingkup masyarakat sekitar, bertujuan untuk mengajak konsumen membeli produk yang dipasarkan. Promosi melalui media online seperti Facebook dan WhatsApp dirasakan kurang maksimal. Adapun kendala yang dihadapi usaha mikro kecil dan menengah abon mujair seperti sertifikat halal yang belum ada, karena untuk berpromosi harus ada sertifikasi halal yang diberikan oleh Bupati untuk produk IRT yang memenuhi.