PERBANDINGAN KOMPETENSI MENULIS ILMIAH PADA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SAMAWA

Authors

  • Feni Liani Universitas Samawa
  • Adnan Universitas Samawa
  • Rini Qurratulaini Universitas Samawa

Keywords:

Kompetensi, Menulis Ilmiah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kompetensi menulis makalah deduktif pada
mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan menggunakan pendekatan komparasi. Populasi penelitian ini seluruh mahasiswa Program Studi
Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Ekonomi, dan Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Samawa tahun akademik 2020/2021, yang berjumlah 47 mahasiswa. Sampel penelitian
ini adalah seluruh anggota populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penugasan dan analisis dokumen.
Instrumen penelitian berupa rubrik penilaian dengan skala likert untuk mengukur kompetensi menulis makalah
deduktif. Pengukuran didasarkan pada skor nilai yang diperoleh mahasiswa dari rubrik penilaian kompetensi menulis
makalah deduktif. Data dianalisis menggunakan uji F dengan memanfaatkan program SPSS 24. Hasil uji F
menunjukkan bahwa nilai Sig. > 0.05 (0.790 > 0.05), sehingga dapat dikatakan bahwa tidak terdapat perbandingan
kompetensi menulis makalah deduktif mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan
Ekonomi, dan Teknologi Pendidikan Fakulutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa.

Downloads

Published

2021-08-28