ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA CERITA RAKYAT SUKU SASAK “PUTRI MANDALIKA” SEBAGAI BAHAN AJAR
Keywords:
Cerita Rakyat Suku Sasak, Putri Mandalika, Nilai Pendidikan, Bahan AjarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cerita rakyat Suku Sasak agar dapat dijadikan sebagai bahan ajar di SDN 2 Wanasaba Lauk. Adapun permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaiamanakah nilai pendidikan yang terkandung dalam cerita rakyat Suku Sasak yang berjudul Putri Mandalika, bagaimanakah hubungan nilai pendidikan dalam cerita rakyat Putri Mandalika dengan bahan ajar, dan bagaimanakah struktur cerita rakyat Putri Mandalika agar menjadi bahan ajar di Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi (telaah dokumen) yang dibantu dengan metode baca dan catat. Adapun teknik analisis data menggunakan metode content analysis (analisis isi). Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Putri Mandalika, yaitu nilai pendidikan karakter religius, nilai pendidikan karakter nasionalisme, nilai pendidikan karakter integritas, nilai pendidikan karakter mandiri, dan nilai pendidikan karakter gotong royong. Nilai-nilai pendidikan tersebut relevan dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang akan dikembangkan di kelas IV Tema 8 (Daerah Tempat Tinggalku), sehingga dapat dikatakan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter memiliki hubungan dengan nilai pendidikan karakter yang akan dikembangkan, selain itu cerita Putri Mandalika juga merupakan jenis cerita yang akan diajarkan pada KD 3.9 di kelas IV Tema 8 yaitu terkait dengan cerita fiksi. Kemudian struktur yang membentuk cerita rakyat Putri Mandalika juga sudah memenuhi struktur berdasarkan teks berjenis legenda