ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN SINTAKSIS SISWA KELAS VII SMPN 1 LOPOK
Keywords:
kesalahan sintaksis, tugas menulis karanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa tataran ejaan dan sintaksis karangan siswa. Subjek penelitian ini adalah tugas menulis karangan siswa kelas VII 3 SMPN 1 Lopok tahun pembelajaran 2020/2021. Objek penelitian ini adalah kalimat yang mengandung unsur kesalahan ejaan dan sintaksis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deksriptif, yaitu mendeskripsikan suatu keadaan alamiah mengenai kesalahan ejaan dan kesalahan sintaksis pada tugas siswa menulis. Teknik analisis yang digunakan, yakni tekniks padan intralingula. Hasil penelitian kesalahan berbahasa tataran sintaksis pada tugas menulis karangan siswa kelas pada tugas menulis karangan siswa kelas VII SMPN 1 Lopok ada dua. Pertama, kesalahan penggunaan sintaksis berupa frasa sebanyak 33 kalimat meliputi kesalahan, yaitu: kesalahan penggunaan huruf kapital, penggunaan tanda titik dan tanda koma, kesalahan penulisan kata depan, adanya pengaruh bahasa daerah dan penggunaan unsur yang berlebihan atau mubazir. Kedua, kesalahan penggunaan sintaksis berupa kalimat sebesar 25 kalimat meliputi lima kesalahan, yaitu: kalimat tidak bersubjek, kalimat tidak berpredikat, kalimat tidak bersubjek dan berpredikat, penggandaan subjek, dan kalimat yang tidak logis.