PEMBINAAN PENINGKATAN STRATEGI MARKETING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MASYARAKAT DI KELURAHAN SOHO KECAMATAN LUWUK KABUPATEN BANGGAI

Authors

  • Fadli Sandewa Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Kisman Karinda Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Erwin Nursin Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Riska Ganggu Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Shinta Dewi Angraini Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Wiwik Sulastri Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Dewi Ayu Hartati Universitas Muhammadiyah Luwuk

Keywords:

Strategi, Marketing, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Abstract

Pada era Revolusi Industri 4.0, teknologi digital telah menjadi faktor utama dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi dan mengubah berbagai sektor bisnis, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat Kelurahan Soho, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai tentang strategi peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan observasi terhadap masyarakat pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman mereka terkait pemasaran, diikuti dengan koordinasi bersama pemerintah setempat dan narasumber dalam kegiatan dari pihak Dinas Koperasi dan usaha kecil menengah Kabupaten Banggai. Kegiatan inti berupa sosialisasi strategi pemasaran dan inovasi digital dilaksanakan dengan metode tatap muka langsung. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dari peserta dan peningkatan pemahaman masyarakat dalam meningkatkan strategi marketing usaha mereka, khususnya dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas pemasaran. Program ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing usaha mikro, kecil, dan menegah di era Revolusi Industri 4.0, membantu memperkuat perekonomian lokal, menciptakan lapangan kerja, serta mengurangi kemiskinan di daerah.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Sandewa, F. ., Karinda, K. ., Nursin, E. ., Ganggu, R. ., Angraini, S. D. ., Sulastri, W. ., & Hartati, D. A. . (2024). PEMBINAAN PENINGKATAN STRATEGI MARKETING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MASYARAKAT DI KELURAHAN SOHO KECAMATAN LUWUK KABUPATEN BANGGAI. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 85–89. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/859