PEMBINAAN PENINGKATAN STRATEGI MARKETING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MASYARAKAT DI KELURAHAN SOHO KECAMATAN LUWUK KABUPATEN BANGGAI
Keywords:
Strategi, Marketing, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)Abstract
Pada era Revolusi Industri 4.0, teknologi digital telah menjadi faktor utama dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi dan mengubah berbagai sektor bisnis, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat Kelurahan Soho, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai tentang strategi peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan observasi terhadap masyarakat pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman mereka terkait pemasaran, diikuti dengan koordinasi bersama pemerintah setempat dan narasumber dalam kegiatan dari pihak Dinas Koperasi dan usaha kecil menengah Kabupaten Banggai. Kegiatan inti berupa sosialisasi strategi pemasaran dan inovasi digital dilaksanakan dengan metode tatap muka langsung. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dari peserta dan peningkatan pemahaman masyarakat dalam meningkatkan strategi marketing usaha mereka, khususnya dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas pemasaran. Program ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing usaha mikro, kecil, dan menegah di era Revolusi Industri 4.0, membantu memperkuat perekonomian lokal, menciptakan lapangan kerja, serta mengurangi kemiskinan di daerah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kisman Karinda, Fadli Sandewa, Erwin Nursin, Riska Ganggu, Shinta Dewi Angraini, Wiwik Sulastri, Dewi Ayu Hartati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.