PELATIHAN MENYUSUN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI GURU SMPN MOYO HULU
Keywords:
Modul Ajar, Kearifan Lokal, Kurikulum MerdekaAbstract
Kurikulum Merdeka merupakan sebuah pendekatan kurikulum yang dirancang untuk memberikan kebebasan yang lebih besar kepada siswa dan pendidik dalam proses pembelajaran. Kurikulum ini menciptakan suasana pembelajaran yang lebih fleksibel dan menyesuaikan dengan kebutuhan serta perkembangan zaman, sehingga siswa dapat belajar dengan cara yang lebih bermakna dan relevan dengan kehidupan. Melalui kegiatan pelatihan Menyusun modul ajar kurikulum Merdeka berbasis kearifan lokal bagi guru SMPN Moyo Hulu dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam Menyusun perangkat pembelajaran yang relevan, inovatif dan bermakna. Adapun tahapan dalam pelaksanaan kegiatan ini melalui 3 tahapan yakni tahap persipan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi serta pendekatan yang digunakan partisipatif dari kegiatan pelatiahan secara teknisi, pendampingan langsung, observasi serta evaluasi. Hasil pelatihan ini menunjukan terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam Menyusun modul ajar kurikulum Merdeka berbasis kearifan lokal. Selain itu antusias serta keaktifan yang ditunjukan guru selama kegiatan berlangsung sangat baik. Dari hasil kegiatan ini juga para guru yang terlibat mendapat hasil berupa produk modul ajar yang siap digunakan dalam menunjang proses pembelajaran di kelas. Pelatihan ini merekomendasikan untuk dilakukan pelatihan dan pendampingan mengembangkan hasil produk dengan memanfaatkan teknologi digital agar lebih menarik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wiwi Noviati, Eryuni Ramdhayani, Syafruddin Syafruddin, Satri Asriyani, Ade Safitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.