PELATIHAN MENYUSUN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI GURU SMPN MOYO HULU

Authors

  • Wiwi Noviati Universitas Samawa
  • Eryuni Ramdhayani Universitas Samawa
  • Syafruddin Syafruddin Universitas Samawa
  • Satri Asriyani Universitas Samawa
  • Ade Safitri Universitas Samawa

Keywords:

Modul Ajar, Kearifan Lokal, Kurikulum Merdeka

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan sebuah pendekatan kurikulum yang dirancang untuk memberikan kebebasan yang lebih besar kepada siswa dan pendidik dalam proses pembelajaran. Kurikulum ini menciptakan suasana pembelajaran yang lebih fleksibel dan menyesuaikan dengan kebutuhan serta perkembangan zaman, sehingga siswa dapat belajar dengan cara yang lebih bermakna dan relevan dengan kehidupan. Melalui kegiatan pelatihan Menyusun modul ajar kurikulum Merdeka berbasis kearifan lokal bagi guru SMPN Moyo Hulu dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam Menyusun perangkat pembelajaran yang relevan, inovatif dan bermakna. Adapun tahapan dalam pelaksanaan kegiatan ini melalui 3 tahapan yakni tahap persipan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi serta pendekatan yang digunakan partisipatif dari kegiatan pelatiahan secara teknisi, pendampingan langsung, observasi serta evaluasi. Hasil pelatihan ini menunjukan terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam Menyusun modul ajar kurikulum Merdeka berbasis kearifan lokal. Selain itu antusias serta keaktifan yang ditunjukan guru selama kegiatan berlangsung sangat baik. Dari hasil kegiatan ini juga para guru yang terlibat mendapat hasil berupa produk modul ajar yang siap digunakan dalam menunjang proses pembelajaran di kelas. Pelatihan ini merekomendasikan untuk dilakukan pelatihan dan pendampingan mengembangkan hasil produk dengan memanfaatkan teknologi digital agar lebih menarik.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Noviati, W., Ramdhayani, E., Syafruddin, S., Asriyani, S., & Safitri, A. (2024). PELATIHAN MENYUSUN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI GURU SMPN MOYO HULU. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 107–110. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/843