PENGUATAN GROWTH MINDSET GURU DALAM PERSIAPAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Sri Sugiarto Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Samawa
  • Adnan Universitas Samawa
  • Erma Suryani Universitas Samawa
  • Nining Andriani Universitas Samawa
  • Jhon Kenedi Universitas Samawa

Keywords:

growth minset, implementasi, kurikulum meredeka belajar

Abstract

Upaya persiapan implementasi kurikulum merdeka belajar (KM) dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan memperkuat pola pikir berkembang (growth mindset) guru. Guru-guru perlu diberikan keyakinan bahwa KM sebagai kurikulum pilihan dapat diimplementasikan pada semua tingkat satuan pendidikan. Sasaran kegiatan ini adalah guru tingkat satuan SD di Kab. Sumbawa. Model yang digunakan dalam pelatihan ini adalah model pelatihan partisipatif. Dari hasil pengabdian ini menunjukkan pemahaman guru terhadap pentingnya growth mindset dalam mengimplementasi KM mengalami peningkatan. Nilai rata-rata post test pamahaman guru terhadap materi mindsed sebesar 69,62 sementara nilai rata-rata post test sebesar 87,85. Semua peserta setelah diberikan pelatihan mengalami peningkatan pemahaman terhadap growth mindset dintunjukkan dengan tidak adanya nilai post test peserta yang mengalami penurunan. Sementara dari hasil refeleksi kegiatan, menunjukkan peserta terlihat sangat antusias dan aktif mengikuti tiap sesi kegiatan. Guru merasa yakin mampu mempelajari serta mengimpelementasi pola bepikir growth mindset saat mengimplementasi KM.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Sugiarto, S., Adnan, Erma Suryani, Nining Andriani, & Jhon Kenedi. (2022). PENGUATAN GROWTH MINDSET GURU DALAM PERSIAPAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 75–78. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/84