SOSIALISASI PERAN DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI ERA MODERN
Keywords:
UMKM, digitalisasi, e-commerce, media sosial, sistem pembayaran digitalAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peran penting dalam perekonomian Indonesia. Namun, dalam menghadapi tantangan globalisasi dan digitalisasi, banyak UMKM yang kesulitan untuk bersaing dan berkembang. Dalam konteks ini, penerapan teknologi digital menawarkan peluang besar untuk meningkatkan daya saing, efisiensi, dan akses pasar bagi UMKM. Metode sosialisasi merupakan strategi yang digunakan untuk menyampaikan informasi, ide, kebijakan, atau program kepada khalayak luas dengan tujuan meningkatkan pemahaman, keterlibatan, serta perubahan perilaku yang positif. Dalam kegiatan sosialisasi ini, menggunakan metode sosialisasi, melalui kegiatan Seminar/Workshop yang bertujuan untuk mengkaji peran teknologi digital dalam memperkuat UMKM, dengan fokus pada penerapan platform digital, e-commerce, media sosial, serta sistem pembayaran digital sebagai alat untuk mempercepat transformasi digital UMKM. Hasil kegiatan sosialisasi ini memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM di Desa Panji Kabupaten Buleleng bahwa digitalisasi memberikan UMKM keunggulan kompetitif dengan memungkinkan mereka untuk bergerak lebih cepat, beradaptasi dengan perubahan pasar, dan meningkatkan kualitas produk atau layanan mereka. UMKM yang mengadopsi teknologi digital dapat lebih cepat beradaptasi dengan tren global, seperti tren belanja online, penggunaan aplikasi mobile, atau kebutuhan akan keberlanjutan dalam produk. Digitalisasi memainkan peran penting dalam perkembangan UMKM. Dengan memanfaatkan teknologi digital, UMKM dapat mengakses pasar yang lebih luas, meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya, dan meningkatkan daya saing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Putu Gede Diatmika, Sri Rahayu, Kurniawansyah Kurniawansyah, Ardiyansyah Ardiyansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.