TRANSFORMASI LINGKUNGAN SADAR ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (KALIMASADA) MENUJU OPTIMALISASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURABAYA
Keywords:
Administrasi Kependudukan, Program Kalimasada, Pendamping LayananAbstract
Pendamping layanan administrasi kependudukan memiliki peran utama dalam mengedukasi masyarakat tentang administrasi kependudukan dan memperkuat peran layanan untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan masalah administrasi kependudukan. Sebagai inovasi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya mengembangkan program KALIMASADA (Kawasan Lingkungan Masyarakat Sadar Administrasi Kependudukan) untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. Program ini melibatkan interaksi langsung antara mahasiswa dan masyarakat di semua kelurahan Kota Surabaya khususnya di Kelurahan Gunung Anyar yang menjadi objek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan fokus pada pengamatan dan pelaksanaan program KALIMASADA melalui survei lapangan. Dalam melaksanakan pemeriksaan data penduduk, layanan dilakukan di Balai Rukun Warga (RW) hingga kegiatan survey door to door. Pelaksanaan program KALIMASADA, mahasiswa dibantu oleh Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Kader Surabaya Hebat (KSH) yang terlibat langsung dalam program tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi KALIMASADA berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya administrasi kependudukan. Dampak dari adanya program tersebut menyebabkan perbaikan pada warga yang berhadapan dengan Administrasi Kependudukan dan meningkatkan jumlah warga yang menangani Administrasi Kependudukan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adisa Lupita Oktavia, Ety Dwi Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.