MENINGKATKAN PENGETAHUAN PERPAJAKAAN MAHASISWA SEBAGAI WUJUD IMPLEMENTASI STRATEGI PERPAJAKAN DI ERA DIGITAL
Keywords:
Manajemen, Strategi, Perpajakan dan Era DigitalAbstract
Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi perpajakan di era digital yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Pajak Di Kabupaten Sumbawa Besar. Peninjauan lokasi ini dilakukan oleh sejumlah mahasiswa semester enam Prodi Ekonomi Pembangunan dimana mahasiswa tersebut langsung melakukan wawancara ke beberapa pegawai pajak maupun wajib pajak. Kegiatan ini sebagai wujud tugas akhir mahasiswa pada mata kuliah Ekonomi Perpajakan yang dibimbing langsung dosen pembinanya. Pentingnya diterapkan manajemen strategi perpajakan berbasis digital selain untuk mendukung pengumpulan pajak menjadi lebih efektif dan efisien juga meningkatkan kualitas layanan serta efektivitas pengawasan terhadap kepatuhan wajib pajak. Pengelolaan strategi perpajakan berbasis digital ini diyakini akan menjadi salah satu pilar penting dari reformasi perpajakan karena akan sangat bermanfaat sebagai upaya peningkatan tax ratio, penghindaran dan penggelapan pajak, serta mendorong kepatuhan wajib pajak. Adapun tujuan lainnya adalah untuk memberikan informasi secara mendalam kepada masyarakat khususnya wajib pajak terkait implementasi manajemen strategi perpajakan pada era digital di Kabupaten Sumbawa Besar. Hasil dari kegiatan ini menyimpulkan bahwa Dalam penerapan sistem online belum sepenuhnya diterapkan masih terdapat beberapa kendala seperti masyarakat masih banyak belum mengerti terkait sistem perpajakan secara digital, misalnya dalam pembuatan email masyarakat masih dibantu oleh pegawai pajak. Secara umum dengan adanya sistem digital, wajib pajak di Kecamatan Sumbawa semakin taat dalam memenuhi kewajiban pembayaran pajak. Hal ini dikarenakan sistem digital memudahkan Wajib Pajak untuk penyelesaian pemenuhan kewajibannya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ika Fitriyani, Nining Sudiyarty, Rosidah Rahman3

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.