PERANAN DAN STRATEGI PEMASARAN KUR MIKRO DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN NASABAH UMKM PADA BANK JATIM KCP KLAMPIS SURABAYA

Authors

  • Vynka Zahira Sausan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Siti Ning Farida Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Strategi Pemasaran, KUR, Pendapatan Nasabah UMKM

Abstract

Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat penting dalam meningkatkan dan mengembangkan perekonomian di Indonesia. Namun, tidak sedikit UMKM yang mengalami kendala sehingga sulit untuk berkembang. Kendala yang paling banyak dihadapi yaitu keterbatasan modal. Program KUR dimaksudkan untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan dan strategi pemasaran KUR Mikro dalam meningkatkan pendapatan nasabah UMKM pada Bank Jatim KCP Klampis Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan dan analisis data melalui data primer berupa observasi dan wawancara, serta data sekunder berupa jurnal, artikel, buku, media massa yang berkaitan dengan penelitian. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa peran KUR Mikro dalam meningkatkan pendapatan nasabah UMKM di Kota Surabaya yaitu sebagai modal untuk mengembangkan usahanya dan mengakselerasi pengembangan kegiatan perekonomian di sektor riil dalam rangka penanggulangan dan pengentasan kemiskinan serta perluasan kesempatan kerja. Sementara strategi pemasaran KUR Mikro yang dilakukan oleh Bank Jatim KCP Klampis Surabaya dalam meningkatkan pendapatan nasabah UMKM di Kota Surabaya yaitu mengacu pada konsep bauran pemasaran atau marketing mix yang meliputi Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), Promosi (Promotion), Orang (People), Proses (Process), dan Bukti Fisik (Physical Evidence). Konsep bauran pemasaran diaplikasikan pada kegiatan yang dilakukan oleh Bank Jatim KCP Klampis Surabaya seperti melakukan telle marketing, cross selling, open booth, canvassing, mengunjungi nasabah, dan membuat program-program yang menarik.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Sausan, V. Z., & Farida, S. N. (2024). PERANAN DAN STRATEGI PEMASARAN KUR MIKRO DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN NASABAH UMKM PADA BANK JATIM KCP KLAMPIS SURABAYA. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 56–64. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/718