PEMANFAATAN E-COMMERCE PEKEN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM TOKO KELONTONG WILAYAH PAKAL SURABAYA BARAT

Authors

  • Abhyasa Sulthan Madaharsa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Sari Andayani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

E-commerce Peken, Penjualan, UMKM Toko Kelontong

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari pemanfaatan E-commerce Peken pada peningkatan penjualan kepada para pelaku UMKM Toko Kelontong yang sudah terdaftar dan melakukan transaksi menggunakan E-commerce Peken khususnya pada UMKM Toko Kelontong di Kecamatan Pakal Surabaya Barat. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan tujuan untuk mendapatkan perspektif kondisi para pelaku UMKM Toko Kelontong apa adanya. Melalui observasi dan wawancara hasil penelitian menunjukkan pengaruh E-commerce Peken terhadap peningkatan penjualan bergantung pada customer Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Surabaya, operasional dalam penggunaan aplikasi dan beberapa strategi penjualan yang diterapkan oleh masing-masing pelaku UMKM Toko Kelontong.

Downloads

Published

2024-07-17

How to Cite

Madaharsa, A. S. ., & Andayani, S. . (2024). PEMANFAATAN E-COMMERCE PEKEN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM TOKO KELONTONG WILAYAH PAKAL SURABAYA BARAT. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 294–299. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/699