MANFAAT PENGGUNAAN APLIKASI PLN MOBILE DALAM PELAYANAN PELANGGAN PLN ULP BOJONEGORO

Authors

  • Ida Nur Hidayah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Budi Prabowo Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

PLN Mobile, Pelayanan Pelanggan, PLN ULP Bojonegoro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manfaat penggunaan aplikasi PLN Mobile bagi pelayanan pelanggan PLN ULP Bojonegoro. Di era yang serba digital ini, PLN ULP Bojonegoro memanfaatkan teknologi informasi melalui aplikasi PLN Mobile untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Aplikasi PLN Mobile merupakan aplikasi yang ditujukan untuk mendukung pengabdian kepada masyarakat yang memiliki fitur atau layanan yang dapat memudahkan pelanggan untuk mengakses layanan listrik PLN. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada pihak pegawai PLN ULP Bojonegoro dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi PLN Mobile memberikan banyak manfaat bagi pelanggan, seperti kemudahan mengakses informasi dan layanan kelistrikan, kemudahan dalam melakukan pembayaran tagihan dan pembelian token, serta kemudahan dalam menyampaikan pengaduan dan keluhan. Aplikasi ini juga memberikan dampak positif bagi pegawai PLN ULP Bojonegoro, yaitu meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan kepada pelanggan. PLN ULP Bojonegoro perlu terus mensosialisasikan dan mengedukasi pelanggan terkait manfaat aplikasi PLN Mobile  karena masih banyak yang belum mengetahui akan pentingnya memiliki aplikasi PLN Mobile ini.

Downloads

Published

2024-07-14

How to Cite

Hidayah, I. N. ., & Prabowo, B. (2024). MANFAAT PENGGUNAAN APLIKASI PLN MOBILE DALAM PELAYANAN PELANGGAN PLN ULP BOJONEGORO. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 250–254. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/672