PERAN MEDIA PEMASARAN DALAM UPAYA MEMBANGUN BRANDING TERHADAP UMKM YANG ADA PADA WARUNG PANDUGO

Authors

  • Afghan Kurniawan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Dhani Ichsanuddin Nur Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

UMKM, Branding poster niaga, Media Sosial

Abstract

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia menjadi salah satu sektor usaha yang cukup mendominasi akhir- akhir ini yang di jalankan oleh pelaku usaha khususnya UMKM yang bergerak pada bidang makanan dan minuman. berkembangannya persaingan usaha yang sangat pesat di Indonesia menjadikan pelaku UMKM perlu mementingkan beberapa aspek dalam meningkatkan daya saing yang ada dalam persaingan yang ada dengan cara membangun citra merek yang kuat seperti melakukan branding. Dengan memanfaatkan era digitalisasi saat ini para pelaku usaha bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada dalam membuat dan menyebarkan poster niaga yang menarik melalui platform media sosial dengan tujuan dapat berfungsi sebagai sarana untuk menyampaikan informasi penting seperti jam operasional, lokasi, nomor kontak, dan informasi lainnya yang mungkin relevan bagi pelanggan selain itu desain poster niaga  yang dirancang dengan baik dapat membantu UMKM untuk membedakan diri dari pesaing di pasar. Desain yang menarik dan pesan yang jelas pada poster niaga dapat menciptakan identitas bisnis yang unik. Pengabdian ini sendiri bertujuan untuk menjelaskan pentingnya membangun citra branding dengan memanfaatkan media sosial sebagai media promosi usaha pada UMKM di warung pandugo Surabaya. Selain itu, melalui pengabdian yang di lakukan oleh penulis akan dijelaskan terkait bagaimana peran media sosial dalam menciptakan loyalitas konsumen dan menarik minat konsumen dalam membeli produk yang ada. Metode yang digunakan dalam peneletian ini adalah metode analisis kualitatif dengan melakukan observasi langsung dan diskusi terkait dengan desain poster niaga bersama manajer perencanaan Warung Pandugo dan pemilik UMKM yang ada pada Warung Pandugo. Hasil pengabdian menunjukan bahwa dengan konsep branding pada media sosial yang menarik mampu membuat konsumen tertarik untuk datang ke outlet UMKM yang ada pada warung pandugo.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Kurniawan, A., & Nur, D. I. (2023). PERAN MEDIA PEMASARAN DALAM UPAYA MEMBANGUN BRANDING TERHADAP UMKM YANG ADA PADA WARUNG PANDUGO. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 391–398. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/632