EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PELAYANAN PADA UMKM DI WARUNG MAKAN “LESEHAN 12” SIRAH KENCONG

Authors

  • Putri Addina Islamiah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Ika Korika Swasti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

UMKM, Efisiensi, Efektifitas, Pelayanan

Abstract

Tingginya daya tarik wisatawan membuat Desa Sirah Kencong mengalami pertumbuhan ekonomi yang signifikan, terutama pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seperti warung makan. Meskipun "Lesehan 12" menarik banyak pengunjung, namun sistem pemesanan yang belum efektif menyebabkan antrean panjang dan kesulitan pengelolaan. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat, dilakukan survei lokasi dan diskusi dengan pemilik warung untuk memahami masalah yang dihadapi. Metode ini melibatkan pembuatan desain nomor meja dan nota, serta pencetakan serta pemasangan stiker nomor meja. Hasilnya menunjukkan bahwa implementasi sistem baru memberikan dukungan signifikan bagi UMKM tersebut, meningkatkan efektivitas  operasional serta efisiensi pelayanan, mengurangi antrean, dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Program ini berhasil mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan memberikan kesan positif kepada pengunjung

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Islamiah, P. A., & Swasti, I. K. (2023). EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PELAYANAN PADA UMKM DI WARUNG MAKAN “LESEHAN 12” SIRAH KENCONG. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 358–363. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/627