IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN BAGIAN NON-SEMEN PADA PT SEMEN INDONESIA LOGISTIK

Authors

  • Dinda Audelia Sabina Putri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Daisy Marthina Rosyanti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Strategi Pemasaran, Target Pasar, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Setiap perusahaan memiliki strategi pemasarannya masing-masing guna mencapai target perusahaan dalam mempertahankan, mengembangkan, dan memperoleh laba. Keberadaan strategi pemasaran ternyata juga menjadi penunjang utama dalam kegiatan bisnis PT Semen Indonesia Logistik. Adapun tujuan dari penulisan artikel ini yaitu untuk mengetahui pengimplementasian strategi pemasaran bagian non-semen pada PT Semen Indonesia Logistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode wawancara. Peneliti memfokuskan pada strategi mendapatkan dan mempertahankan pelanggan pada PT Semen Indonesia Logistik. Data yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT Semen Indonesia Logistik memiliki berbagai strategi dalam memasarkan jasa logistiknya. Pendekatan dan promosi kepada pelanggan berserta pemanfaatan relasi memiliki efek yang cukup besar dalam keberhasilan pemasaran perusahaan. Upaya mempertahankan pelanggan dengan penjalinan kontrak dan kerja sama juga dapat meningkatan loyalitas pelanggan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa pengimplementasian strategi pemasaran oleh PT Semen Indonesia Logistik bagian non-semen harus terus dipertahankan guna meningkatkan ketertarikan dan kesetiaan pelanggan.

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Putri, D. A. S., & Rosyanti, D. M. (2023). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN BAGIAN NON-SEMEN PADA PT SEMEN INDONESIA LOGISTIK. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 246–251. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/602