OPTIMALISASI POTENSI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM SUPLEMEN BELAJAR DI DESA SUMBERBENDO

Authors

  • Oktavia Putri Khoirril Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Muazari Zacky Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Isal Abellita Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Luthfiana Putri Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Vivin Syabella Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Akbar Putra Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Veren Myvara Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Warda Akhadatus Zuhro Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Yustanti Aprinda Farhana Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Bayu Priambodo Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Keywords:

Optimalisasi, potensi, suplemen belajar

Abstract

Pendidikan di wilayah pedesaan sering kali dihadapkan pada sejumlah tantangan yang dapat memengaruhi kualitas dan kesetaraan akses terhadap pendidikan. Desa-desa sering memiliki keterbatasan infrastruktur, sumber daya manusia, serta akses terhadap bahan belajar yang dapat membatasi potensi belajar siswa. Kondisi desa, seperti akses transportasi yang terbatas, kurangnya fasilitas pendidikan, keterbatasan sumber daya manusia terdidik, dan keterbatasan teknologi seringkali menjadi penghalang utama dalam upaya memberikan pendidikan yang berkualitas. Program suplemen belajar memiliki tujuan untuk memperluas wawasan siswa, memberikan pendekatan yang berbeda dalam memahami materi, serta mengidentifikasi kebutuhan individu siswa. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan suplemen belajar yaitu dimulai dengan sosialisasi kepada Siswa SD mengenai akan diadakannya Program Suplemen Belajar, selanjutnya program tersebut dilaksanakan oleh Kelompok Mahasiswa MBKM Bina Desa di Desa Sumberbendo, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Hasil yang didapat banyak siswa-siswi SD yang turut berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan tersebut. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran para siswa ke tempat bimbingan dengan tepat waktu dan semangat dalam belajar. Para siswa juga aktif dalam melakukan kegiatan berdiskusi, mereka memiliki inisiatif untuk bertanya kepada pendampingnya terkait dengan materi pelajaran yang kurang dipahami, serta aktif menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh pendamping belajarnya. Melalui program suplemen belajar ini, akan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2023-12-10

How to Cite

Khoirril, O. P., Zacky, M. K. ., Abellita, I. ., Putri, L. ., Syabella, V. A., Handoyo, M. A. P. ., Myvara, V., Zuhro, W. A. ., Farhana, Y. A. ., & Priambodo, B. . (2023). OPTIMALISASI POTENSI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM SUPLEMEN BELAJAR DI DESA SUMBERBENDO. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 164–168. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/566