PENERAPAN TECNOLOGOCAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DI SEKOLAH KEBANGSAAN MALAYSIA-INDONESIA

Authors

  • Sadriana Ayu Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Eny Syatrian Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Erwin Akib Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurlina Nurlina Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

kompetensi, TPACK

Abstract

Pengabdian ini ialah untuk memperbaiki hasil belajar, kompetensi guru dan siswa. Untuk mengetahui efek dari strategi TPACK (Technological, Pedagogic, Content Knowladge) akan dilakukan workshop kepada guru dan siswadi sekolah. Penelitian ini dimaksudkan untuk membantu para guru untuk meningkatkan kompetensi mengajar mereka menggunakan teknologi dan juga membantu pembuat keputusan untuk melihat keuntungan dari pelatihan menggunakan strategi belajar modern berbasis teknologi yang memberikan satu solusi bisa di implementasikan pada proses PBM. Selain dari itu, penerapan TPACK juga diberikan kepada siswa secara langsung untuk mendapatkan dan merasakan pengunaan teknologi pada semua lini pembelajaran sampai pada system evaluasi. Pengabdian masyarakat telah dilaksanakan pada tanggal 23 - 25 Juli 2023 di Sekolah Indonesia Johor Bahru, Malaysia. Pengabdian ini melibatkan 27 orang guru termasuk kepa sekolah dan 122 orang siswa SMP. Pada kegiatan ini yang diutamakan adalah meningkatkan kompetensi guru dan hasil belajar siswa setelah penerapan TPACK. Diawali oleh materi teori pedagogic, dilanjutkan dengan praktik penggunaan beberapa media pembelajaran diataranya qr code sebagai platform untuk membuat barcode bagi guru, mentimeter dan padlet serta dilanjutkan dengan melakukan evaluasi menggunakan media kahoot. Semua media tersebut telah diberikan pelatihan dan praktik kepada guru-guru dan telah diberikan secara langsung kepada siswa-siswi. Hasil analisis pelaksanaan pengabdian masyarakat telah mencapai angka kepuasan 100% dengan kategori sangat puas

 

Downloads

Published

2023-10-04

How to Cite

Ayu, S., Syatrian, E., Akib, E., & Nurlina, N. (2023). PENERAPAN TECNOLOGOCAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DI SEKOLAH KEBANGSAAN MALAYSIA-INDONESIA. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 36–40. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/488