PELATIHAN PELAKSANAAN ASESMEN PEMBELAJARAN SESUAI KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Indah Dwi Lestari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa
  • Fahmi Yahya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa
  • Erma Suryani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa
  • Rini Qurratul Aini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa
  • Satri Asriyanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa

Keywords:

asesmen, pembelajaran, kurikulum merdeka, pelatihan

Abstract

Salah satu elemen penting dalam Kurikulum Merdeka adalah pendekatan asesmen yang berbeda dari pendekatan tradisional. Dalam Kurikulum Merdeka, asesmen pembelajaran ditekankan untuk lebih memahami proses belajar siswa, mengukur pemahaman, dan mendorong pemikiran kritis serta kreativitas. Guru sebagai garda terdepan dalam proses pendidikan perlu memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip asesmen yang sesuai dengan kurikulum ini. Mereka harus mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi asesmen pembelajaran yang relevan dan bermakna. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru tentang pelaksanaan asesmen pembelajaran sesuai kurikulum merdeka. Peserta utama pelatihan adalah guru-guru di Pasraman Widya Dharma Sumbawa. Kegiatan ini terbagi menjadi tiga tahapan utama yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru-guru pasraman dalam melaksanakan asesmen pembelajaran sesuai kurikulum merdeka. Kegiatan ini mendapat respon positif dari semua guru di pasraman Widya Dharma.

Downloads

Published

2023-09-06

How to Cite

Dwi Lestari, I., Yahya, F., Suryani, E., Aini, R. Q., & Asriyanti, S. (2023). PELATIHAN PELAKSANAAN ASESMEN PEMBELAJARAN SESUAI KURIKULUM MERDEKA. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 22–26. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/437