GERAKAN “SINAU BARENG” UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI DESA GAMPANG, KECAMATAN PRAMBON, KABUPATEN SIDOARJO

Authors

  • Rahmat Setiawan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Goffar Ar Rozzaq Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Laili Rahma Dewi Perangin Angin Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Alfredo Ibara Febriant Utomo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rina Ayu Wardana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Muhammad Ubaydillah Syach Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Gerakan, Sinau Bareng, Minat Belajar

Abstract

Belajar merupakan suatu aktivitas atau kegiatan yang berimplikasi pada suatu perubahan ke arah maju menyangkut pengetahuan, sikap dan keterampilan. Dalam belajar diperlukan suatu pemusatan perhatian agar yang dipelajari dapat dipahami. Dalam meningkatkan minat belajar dapat dilakukan dengan gerakan sinau bareng. Gerakan sinau bareng merupakan gerakan belajar bersama yang dilakukan antara mahasiswa dan anak-anak. Tujuan dari gerakan sinau bareng ini adalah melakukan proses belajar diluar jam pembelajaran di sekolah yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas PGRI Adi Buana Surabaya di Desa Gampang sehingga anak-anak di desa tersebut dapat belajar untuk meningkatkan minat belajarnya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang mana merupakan penelitian untuk mendeskripsikan, dan menganalisis fenemona, aktivitas sosial. Gerakan sinau bareng ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa di Desa Gampang merupakan langkah yang sangat positif. Melalui program ini, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan minat belajar siswa akan memberikan dampak yang besar terhadap perkembangan pendidikan di Desa Gampang.

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Setiawan, R., Rozzaq, G. A., Angin, L. R. D. P., Utomo, A. I. F., Wardana, R. A., & Syach, M. U. (2023). GERAKAN “SINAU BARENG” UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI DESA GAMPANG, KECAMATAN PRAMBON, KABUPATEN SIDOARJO. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 13–15. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/435