PENINGKATAN KAPASITAS GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SESUAI DENGAN KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Fahmi Yahya Universitas Samawa
  • Muhammad Irham STKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Jalaluddin Jalaluddin STKIP Paracendekia NW Sumbawa
  • Erma Suryani Universitas Samawa
  • Sri Nurul Walidain Universitas Samawa

Keywords:

peningkatan kapasistas, pembelajaran berdiferensiasi, kurikulum merdeka

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan, kebutuhan, dan karakteristik belajar siswa yang beragam. Penyesuaian pembelajaran ini dapat dilakukan pada materi ajar, metode dan pengelolaan proses pembelajaran, dan pada penilaian hasil belajar. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, kami memberikan pelatihan kepada bapak/guru untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam melaksanakan pembelajaran berdifferensiasi sesuai dengan kurikulum merdeka. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama DIKBUD dan KEMENAG Kabupaten Sumbawa, LPTK dan juga INOVASI. Telah dilaksanakan pada bulan juli-agustus 2022. Peserta pelatihannya adalah guru dari beberapa Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), sekolah menengah pertama (SMP), dan TK yang ada di wilayah kecamatan Lunyuk kabupaten Sumbawa. Kegiatan ini mendapat respon positif dari kepala sekolah dan semua guru peserta pelatihan. Mereka merasa mendapat pemahaman yang lebih mendalam tentang karakter, manfaat dan juga tahapan pembelajaran berdiferensiasi.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Yahya, F., Muhammad Irham, Jalaluddin, J., Suryani, E., & Walidain, S. N. (2023). PENINGKATAN KAPASITAS GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SESUAI DENGAN KURIKULUM MERDEKA. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 383–387. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/404