DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM DI DESA PAKEL, KECAMATAN BARENG, JOMBANG

Authors

  • Sarah Putri Madania Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Permata ELG Purba Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Ika Korika Swasti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

digital marketing, strategi pemasaran, UMKM

Abstract

Berkembangnya teknologi yang lebih memudahkan aktivitas manusia dapat dimanfaatkan pelaku UMKM untuk mengembangkan strategi pemasarannya. Strategi pemasaran berbasis digital merupakan kesempatan untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan pendapatan UMKM. Maka dari itu dibutuhkan adanya sosialisasi edukasi dan pelatihan mengenai digital marketing. Sehingga penulis membuat program kerja pengabdian masyarakat yaitu dengan sosialisasi dan pelatihan digital marketing. UMKM yang ada di Desa Pakel menjadi target dengan Metode pelaksanaan dengan sosialisasi dan pelatihan. Terlaksananya program kerja tersebut dari  19 peserta sosialisasi, 10 pelaku UMKM yang mengimplementasikan pelatihan melalui aplikasi tokopedia. Selanjutnya diharapkan peserta sosialisasi lebih termotivasi untuk lebih berkembang serta menambah wawasan terkait digital marketing dan dapat memajukan perekonomian para pelaku UMKM.

Downloads

Published

2023-07-07

How to Cite

Madania, S. P., Purba, P. E., & Swasti, I. K. (2023). DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM DI DESA PAKEL, KECAMATAN BARENG, JOMBANG. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 374–378. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/402