PELATIHAN IMPELEMTASI ASESMEN DIAGNOSTIK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TALIWANG

Authors

  • Sri Sugiarto Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Samawa
  • Adnan Universitas Samawa
  • Rini Qurratul Aini Universitas Samawa
  • Riadi Suhendra Universitas Samawa
  • Ubaidullah Universitas Samawa

Keywords:

pelatihan, implementasi, asesmen diagnostik, kurikulum merdeka

Abstract

Tujuan dari pelatihan ini adalah (1) memberikan pemahaman kepada guru tentang prinsip pelaksanaan asesmen diagnostik, (2) memberi pengalaman kepada guru menggunakan instrument asesmen diagnostik kombinasi instrument Plataform Merdeka Mengajar (PMM) dan Teaching at Raigh Level (TaRL), dan (3) memberi pengalaman kepada guru mengelolah hasil asesmen. Model pelatihan yang digunakan adalah model partisifatif. Peserta yang dilibat dalam pelatihan ini sebanyak 23 orang yang terdi atas guru Fase A dan Fase B jenjang satua pendidikan dasar Gugus 2 Kecamata Taliwang. Hasil dari pelatihan ini telah meningkatkan pengatahuan peserta tentang implementasi asesmen diagnostik mata pelajaran bahasa Indonesia yang semula berkategori sangat kurang menjadi cukup baik. meskipun demikian para peserta masih perlu mengembangka diri secara mandiri melalui pemanfaatan PMM, mengikuti pelatihan, seminar, maupun sumber lainnya.

Downloads

Published

2023-01-06

How to Cite

Sugiarto, S., Adnan, Rini Qurratul Aini, Riadi Suhendra, & Ubaidullah. (2023). PELATIHAN IMPELEMTASI ASESMEN DIAGNOSTIK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TALIWANG. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 76–80. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/226