PELATIHAN DIGITAL MARKETING CV OCCE DALAM UPAYA PENGEMBANGAN PEMASARAN PRODUK LOKAL KULIT BERBASIS MEDIA SOSIAL

Authors

  • Rizka Yulia Rahmawati UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Gracia Aprina Chita Rahayu UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Fani Khoirotunnisa UPN "Veteran" Jawa Timur

Keywords:

digital marketing, UKM, e-commerce, konten marketing, pemasaran

Abstract

Mitra Pengabdian Masyarakat pada kegiatan ini adalah salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berada di Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo yang bergerak di bidang usaha produksi dan jual beli produk kulit yakni CV Occe. Sejak pandemi Covid-19, mitra mengeluhkan pendapatan yang semakin menurun. Kami pun mengidentifikasi masalah yakni kurangnya pemanfaatan pemasaran di media sosial, tidak menggunakan e-commerce sehingga daya saing kurang, kegiatan pemasaran yang minim. Oleh karena itu, kami memberikan pelatihan digital marketing kepada karyawan yang bertujuan untuk mengembangkan sistem pemasaran digital di CV Occe serta membangun brand awareness produk kulit kepada masyarakat. Dalam pelatihan ini, mitra juga akan diberikan bantuan dalam pembuatan akun bisnis di media sosial yakni Instagram dan TikTok, serta e-commerce di Shopee. Metode kegiatan ini adalah memberikan pelatihan berupa penyuluhan dan pembuatan konten marketing serta cara mengelola media sosial. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat memperluas pemasaran dengan menyajikan konten-konten yang menarik dan membangun brand awareness produk kulit kepada masyarakat yang dapat meningkatkan penjualan CV Occe.

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Rahmawati, R. Y., Rahayu, G. A. C. ., & Khoirotunnisa, F. (2022). PELATIHAN DIGITAL MARKETING CV OCCE DALAM UPAYA PENGEMBANGAN PEMASARAN PRODUK LOKAL KULIT BERBASIS MEDIA SOSIAL. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 221–228. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/197