LKPD Elastisitas dan Hukum Hooke Berbasis Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA

Authors

  • Ory Auliyah Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Samawa
  • Hermansyah Hermansyah Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Samawa
  • Ade Safitri Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Samawa

Keywords:

LKPD, elastisitas, hukum hooke, scientific, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika kelas XI. Hasil belajar yang rendah disebabkan karena peserta didik kurang memahami materi pelajaran. Upaya peningkatan pemahaman peserta didik dapat melalui penggunann metode dan media yang sesuai dengan konsep yang akan dipelajari. Salah satu media yang dapat memfasilitasi dan membantu peserta didik mempelajari materi dan konsep fisika adalah LKPD berbasis scientific. Penelitian menggunakan desain eksperimen semu (quasi experimental design). Subjek penelitian dibagi dalam dua kelompok yaitu ekperimen dan kontrol. Peningkatan hasil belajar peserta didik dianalisis menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai N-gain submateri hukum hooke  kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, perolehan N tertinggi untuk submateri terdapat pada kekenyalan materi, yaitu sebesar 88%.  Hasil menunjukan pemahaman peserta didik terhadap materi hukum hooke dalm kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Downloads

Published

2024-06-02

Issue

Section

Articles