Pengaruh Penggunaan Modul Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII MTs N Gunung Galesa Putri Moyo Hilir Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • Septi Herlindawati Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Samawa
  • Ade Safitri Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Samawa

Keywords:

Modul dalam Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Modul Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII Mts N Gunung Galesa Putri Moyo Hilir Tahun Pelajaran 2020/202. Penelitian ini dilakukan di Mts N Gunung Galesa Putri Moyo Hilir. Penelitian ini merupakan jenis penelitian  kuantitatif. Dalam penelitian ini, populasi yang diambil adalah kelas VIII Mts N Gunung Galesa Putri Moyo Hilir. Sedangkan sampelnya adalah kelas VIIIA sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah siswa 23 siswa dan Kelas VIIIB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 24 siswa.  Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen Semu (Quasi Eksperimental) dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa tes objektif untuk mengukur hasil belajar, Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Kemudian dianalisis menggunakan uji ‘t’ dengan taraf sig. ( ) 0,05. Dari hasil analisis pengujian hipotesis menggunakan uji ‘t’ berbantuan aplikasi SPSS 16.0, maka diperoleh <  atau -0,136 < 0,167. Sehingga dapat dikatakan bahwa tidak terdapat pengaruh Penggunaan modul dalam pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas VIII Mts N Gunung Galesa Putri Moyo Hilir Tahun Pelajaran 2020/2021.

Downloads

Published

2024-06-02

How to Cite

Herlindawati, S., & Safitri, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Modul Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII MTs N Gunung Galesa Putri Moyo Hilir Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 4(1), 1–3. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/777

Issue

Section

Articles