Implementasi Profil Pelajar Pancasila Tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” Kelas X SMAN 2 Sumbawa Besar

Authors

  • Cahyatul Komala Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa
  • Nelly Nurjannah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa
  • Juanda Juanda Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa

Keywords:

P-5, Gaya Hidup Berkelanjutan

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P-5) dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan di Kelas X SMAN 2 Sumbawa Besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara bersama 3 narasumber yaitu wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan 2 peserta didik kelas X sebagai peserta kegiatan P-5. Dalam penerapan P-5, peserta didik dituntut untuk membuat atau melaksanakan suatu proyek. Dalam pelaksanaannya, terdapat 2 tahapan, yaitu tahap konseptual dan tahap kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan di kelas X SMAN 2 Sumbawa Besar dilaksanakan dengan baik dan memperoleh antusias yang tinggi dari peserta didik. Melalui kegiatan P-5 ini, dapat menumbuhkan dan menguatkan dimensi-dimensi karakter profil pelajar Pancasila pada peserta didik, terutama beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, bergotong royong, mandiri, berkebhinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif. Tidak hanya itu, peserta didik juga menjadi melek dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Komala, C., Nurjannah, N., & Juanda, J. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” Kelas X SMAN 2 Sumbawa Besar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 42–49. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/385