Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka

Authors

  • Irmaliya Izzah Salsabilla Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa
  • Erisya Jannah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa
  • Juanda Juanda Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa

Keywords:

Guru, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka

Abstract

Studi ini dilakukan untuk menganalisis isi modul ajar berbasis kurikulum merdeka untuk membahas dan mengkaji lebih dalam mengenai modul ajar berbasis kurikulum merdeka, sehingga guru tidak akan kebingungan lagi saat menyusun modul ajar. Studi ini dirancang dengan metode analisis deskripsi dan kajian  kepustakaan. Data yang dianalisis tidak untuk menolak atau menerima hipotesis, melainkan hasil analisis itu berbentuk deskripsi dari data yang diamati dan tidak harus berupa angka-angka atau koefisien antar variabel. Analisis deskriptif dilakukan dengan cara mengumpulkan data utama berupa modul ajar isi modul ajar tersebut dianalisis dan dijabarkan untuk dapat memberikan gambaran mengenai modul ajar. Berdasarkan analisis terdapat beberapa komponen yang terdapat dalam modul ajar. Komponen yang terdapat dalam modul ajar yaitu informasi umum, komponen inti, dan lampiran. Point of view dari modul ajar kurikulum merdeka terdapat pada komponen profil pelajar pancasila dan pembuatan modul yang dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan peserta didik, guru, dan sekolah.

Downloads

Published

2023-07-04

How to Cite

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda, J. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 33–41. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/384

Issue

Section

Articles