Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar
Keywords:
Penilaian, Diagnostik, Formatif, Sumatif, Kurikulum MerdekaAbstract
Kurikulum unik (kurikulum merdeka) yang merupakan evolusi dari kurikulum 2013 ini dirancang untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Rancangan pembelajaran sesuai dengan hasil evaluasi di awal, tengah, dan akhir pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penilaian yang biasa digunakan dalam kurikulum mandiri (merdeka). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptifkualitatif melalui pengumpulan data pustaka, pembacaan, pencatatan bahan penelitian dan mengolah bahan belajar. Penelitian telah menunjukkan bahwa ada berbagai jenis penilaian dalam kurikulum mandiri: penilaian awal pembelajaran atau diagnostik, penilaian formatif, dan penilaian sumatif. Ada dua jenis penilaian diagnostik: penilaian diagnostik kognitif dan penilaian diagnostik non-kognitif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ardiansyah Ardiansyah, Fitri Sagita, Juanda Juanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.