Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar

Authors

  • Ardiansyah Ardiansyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa
  • Fitri Sagita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa
  • Juanda Juanda Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa

Keywords:

Penilaian, Diagnostik, Formatif, Sumatif, Kurikulum Merdeka

Abstract

Kurikulum unik (kurikulum merdeka) yang merupakan evolusi dari kurikulum 2013 ini dirancang untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Rancangan pembelajaran sesuai dengan hasil evaluasi di awal, tengah, dan akhir pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penilaian yang biasa digunakan dalam kurikulum mandiri (merdeka). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptifkualitatif melalui pengumpulan data pustaka, pembacaan, pencatatan bahan penelitian dan mengolah bahan belajar. Penelitian telah menunjukkan bahwa ada berbagai jenis penilaian dalam kurikulum mandiri: penilaian awal pembelajaran atau diagnostik, penilaian formatif, dan penilaian sumatif. Ada dua jenis penilaian diagnostik: penilaian diagnostik kognitif dan penilaian diagnostik non-kognitif.

Downloads

Published

2023-07-06

How to Cite

Ardiansyah, A., Sagita, F., & Juanda, J. (2023). Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8–13. Retrieved from https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/361